Cara Buat Halaman di Blog dan Index Berita Cara Buat Halaman di Blog dan Index Berita - Blog Manado - Tutorial Web Design

Cara Buat Halaman di Blog dan Index Berita

Cara Buat Halaman di Blog dan Index Berita
Share
Halaman statis adalah halaman tetap. Jika Anda lihat home page bloGoooblok ini, halaman utamanya tidak pernah berubah, itulah yang saya maksud dengan halaman statis. Kita memasangnya disana walau postingan tetap berjalan.

Blogspot akan menampilkan halaman utama dengan postingan terakhir. Ini memang wajar, karena blog pada pasarnya akan selalu menampilkan postingan terbaru diurut terbalik hingga yang terlama.

Walau blogspot telah mematenkan hal ini, namun kita sebagai pengguna masih diberi kesempatan mengubahnya dengan menetapkan halaman statis di home page. Inilah hebatnya blogspot dengan flatfom lain.

Postingan kali ini kita akan membahas Cara Membuat Halaman Statis di Blogspot. Jika ingin memodifikasi tampilan blog, Anda juga bisa membaca Cara Membuat Laman Polos Tanpa Sidebar dan Footer di Blosgpot atau Cara Membagi Halaman Postingan di Blogspot.

Untuk membuat halaman statis, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Buat Laman

Yang pertama dan utama, tentu Anda harus login dulu ke akun blogspot Anda. Saya anggap kini Anda telah menyediakan artikel khusus untuk ditampilkan dihalaman statis. Setelah login, pilihlah tab Laman disebelah kiri lalu pilih Laman Baru. Anda juga bisa memilih Laman lain yang telah Anda buat sebelumnya.

Setelah membuka laman, isikan artikel yang Anda ingin tampilkan dihalaman utama. Isi sesuai dengan selera, Anda bisa memasukkan gambar atau video. Intinya, laman ini sama seperti Anda membuat postingan seperti biasa. Pada tutorial ini, laman statis yang akan kita buat saya beri nama index berita. Setelah selesai, klik Publish/terbitkan.

Pengaturan

Setelah laman yang akan kita jadikan halaman statis diterbitkan, langkah selanjutnya adalah pengaturan. Masih di dhasbor blogspot Anda, selanjunya pilihlah tab Setelan/Setting lalu Preferensi Penelurusan lalu klik Edit di Pengalihan Khusus. Lihat gambar dibawah ini.


Ada dua pilihan dalam kolom ini, Pada kolom pertama Dari (URL blog Anda) kolomnya isikan saja dengan simbol "/" (tanpa tanda kutip). Dan dikolom kedua Kepada (URL blog Anda) isikan URL halaman statis yang anda buat tadi. Misal dalam hal ini alamat URL statis yang buat adalah http://blogsmanado.blogspot.co.id/p/index-berita.html. Copy saja kata-kata terakhir yakni "/p/index-berita.html" (tanpa tanda kutip). Setelah diisi klik Simpan dan Simpan Perubahan.


Sekarang halaman home Anda telah berubah menjadi halaman statis. Namun pada menu tab akan tampil dua halaman yang sama, yakni Home dan index berita (Sesuai nama laman Anda).

Untuk menghilangkan halaman index berita pada menu tab, selanjutnya masuk ke tab Tata Letak lalu pilih Edit pada Laman.

Kini menu tab Anda tidak tersedia lagi menu pilihan Hello, dan postingan terbaru Anda pun tak tampil dihalaman utama atau home page Anda.

Untuk melihat postingan terbaru Anda, tambahkan saja /index.html dibelakang URL Anda. Namun alangkah lebih baiknya jika Anda membuat navigasi yang baik bagi setiap pengunjung agar saat berkunjung mereka tidak kebingungan.

Awalnya blogspot menyediakan pengaturan laman dengan opsi Alamat Web, dimana kita bisa memasukkan /index.html dan membuatnya menjadi tab baru. Namun kini telah dihilangkan, entah apa alasannya.

Nah, sekarang Anda sudah punya halaman statis. Silahkan bereksperimen lebih jauh untuk membuatnya indah. Jika memiliki pertanyaan tentang pembahasan diatas, silahkan berkomentar dibawah ini, atau hubungi kami lebih form Hubungi Kami. Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Response

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel